33.3 C
Pandeglang

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Published:

Kabupaten Serang, tirasbanten.id – Smartfren Community Kabupaten Serang berkolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Bojonegara Pulo Ampel (IKMBP) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan curriculum vitae (CV) bagi pelajar dan mahasiswa di Kecamatan Bojonegara-Pulo Ampel, Kabupaten Serang, dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas pemuda pra kerja dan sebagai bekal persiapan memasuki dunia kerja, pada Sabtu (13/07/2024).

Workshop ini diikuti oleh puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus dan menghadirkan pemateri seorang Dosen dan pengajar di rumah siap kerja program Prakerja Kemenaker, Muhamad Rifqi Pratama sebagai narasumber.

Leader Smartfren Community Kabupaten Serang yang juga merupakan founder Kreator Merdeka, Leo Ikals, menyampaikan bahwa anak muda harus dibekali persiapan matang sebelum terjun ke dunia kerja.

“Dalam mempersiapkan pemuda untuk memasuki dunia kerja, tidak hanya pendidikan formal yang penting untuk diasah, namun juga keterampilan mereka. Oleh karena itu, kami dari Smartfren Community yang berkolaborasi dengan IKMBP berupaya untuk memberikan pelatihan cara pembuatan CV yang baik dan benar, sehingga CV peserta akan membuat sebuah Perusahaan tertarik dan meloloskan ke tahap seleksi rekrutmen selanjutnya,” ujar Leo Ikals.

Dani M. Akhyar selaku Head of Corporate Communications & CSR Smartfren Telecom menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk realisasi panca garda Smartfren, khususnya garda stabilitas.

“Kegiatan ini merupakan realisasi dari panca garda Smartfren, yaitu garda stabilitas. Yang merupakan edukasi kepada generasi muda untuk memanfaatkan internet secara positif dan kreatif dalam rangka literasi digital. Inilah bentuk komitmen Smartfren 100 persen untuk Indonesia.”

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Bojonegara Pulo Ampel (IKMBP)Fahmi Adam menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, serta memberikan dukungannya pada seluruh anak muda agar terus bertumbuh dan mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja.

”Di sekolah maupun kampus, tidak ada secara khusus mata pelajaran pembuatan CV ini yang diajarkan kepada para siswa maupun mahasiswanya. Maka, saya mengucapkan terimakasih kepada Smartfren Community Kabupaten Serang karena telah berkolaborasi mengadakan kegiatan ini sehingga anak muda khususnya di Bojonegara Pulo Ampel mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja,” ujar Fahmi.

Dalam kesempatan itu, narasumber Muhamad Rifqi Pratama tidak hanya memberikan Curiculum Vitae tapi juga memberikan tips and trik wawancara dengan perusahaan.

“CV yang baik itu datanya informatif dan membuat HRD mudah menentukan apakah rekan-rekan sekalian ini memang cocok atau tidak dengan kualifikasi. Begitu pula saat sesi interview, dimana interview yang baik adalah yang berhasil menunjukkan potensi, niat kerja, pengalaman dan skill yang dimiliki rekan-rekan, khususnya yang relevan dengan pekerjaan, sehingga user dan HRD yakin untuk memilih,” ujar Rifqi.

Acara ini tidak hanya menjadi pelatihan teknis semata, tetapi juga sebuah pandangan holistik tentang persiapan karir bagi anak muda. Mengubah cara pandang terhadap pembuatan CV menjadi sebuah alat digital bukan hanya sekadar kebutuhan, tetapi juga sebuah keharusan dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja yang semakin ketat.

Dalam dunia yang terus berkembang, workshop semacam ini tidak hanya menjadi ruang untuk belajar, tetapi juga tempat untuk mengubah pola pikir anak muda tentang persiapan karir. Kini, langkah pertama untuk meraih impian karir tak lagi dimulai dari kertas, melainkan dari digitalisasi diri melalui sebuah CV yang mencerminkan potensi dan keunikan setiap individu. (Leo Ikals)

Artikel terkait

Artikel terkait