23.2 C
Pandeglang

Dapat Bantuan Benih Padi, Petani Carita Bersyukur

Published:

Pandeglang, Tirasbanten.id – Guna meningkatkan hasil produksi padi yang berlimpah,  pihak pemerintah melalui dinas terkait saluran bantuan benih padi varietas unggul.

Kali ini benih padi varietas unggul yang disalurkan ke para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sri Mukti 3 desa Banjarmasin kecamatan Carita, yaitu varietas Inpari 32, berdasarkan pantauan pada Senin (16/8/2021).

Sementara itu, ketua Poktan Sri Mukti 3 bernama Sapri menuturkan, dengan adanya bantuan benih padi tersebut dirinya sangat bersyukur.

Karena berdasarkan informasi yang ia terima, bahwa benih padi itu selain bisa ditanam dilahan sawah juga bisa ditanam dilahan darat (ladang-red), ujarnya.

Selain itu varietas Inpari 32 punya keunggulan tahan akan serangan wereng batang coklat (WBC), terus buahnya panjang dan harga jualnya lebih mahal, masih dikatakan Sapri.

“Rencananya dalam waktu dekat ini akan segera menyebar benih padi itu, dan kebiasaan para petani di wilayah desa Banjarmasin jika usia sebar sudah sekitar 22 hari padi itu akan segera ditanam,” ucapnya.

“Yang biasanya para petani disini menanam benih padi varietas Ciherang, tetapi sekarang sepakat untuk menanam benih padi varietas Inpari 32,” lanjutnya.

Karena para petani ingin hasil maksimal atau berlimpah, sebab benih padi Ciherang rentang akan hama WBC, pungkasnya.

Hadir dalam agenda serah terima bibit, diantaranya Korluh pertanian kecamatan Carita E.Kusmana, para penyuluh pertanian, petugas POPT Asmara Wijaya, Ketua Gapoktan kecamatan Carita Murtajaya.

Adapun Korluh pertanian E.Kusmana menerangkan, bahwa benih padi varietas Inpari 32 bisa ditanam dilahan sawah juga bisa ditanam dilahan darat.

Aturan atau petunjuknya adalah: gunakan sekitar 25 hingga 30 kg benih padi untuk 1 hektare lahan, jika   setelah 17 hingga 21 hari(usia semai) atau sudah keluar daun 5 hingga 6 helai benih dipindahkan ke lahan pertanaman, pungkasnya. (Sumantri)

Related articles

Recent articles